Pemasaran menurut Philip Kotler adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengawasan dari rancangan program dalam rangka menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran melalui hubungan yang menguntungkan dengan target market dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Saluran distribusi adalah lembaga pemasaran atau perorangan yang mempunyai kegiatan untuk menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Saluran ini merupakan salah satu variabel pemasaran yang sama penting dengan unsure lainnya. Setiap perusahaan selalu memperhatikan aspek pemasaran ini. Demikian pula halnya dengan P.T. Multi Bintang yang bergerak dalam memproduksi minuman seperti Bir Bintang, Green Shand Shandy, Frezzy Malta, dan lainnya. Perusahaan berusaha melaksanakan kegiatan distribusi yang dapat meningkatkan volume penjualan sehingga kelangsungan perusahaan dapat terjamin. Selain itu perusahaan berusaha memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya. |