Sepeda listrik berpenguat sendiri merupakan sepeda listrik yang kinerjanya memanfaatkan putaran roda bergerak untuk menjadi energi listrik sebagai pengisian kembali ke baterai. Daya baterai dari sistem pengisian kembali tersebut berfungsi sebagai penghemat dari daya sepeda listrik ini. Dengan adanya pengisian ulang pada baterai diharapkan sepeda listrik ini dapat menghemat energi listrik pada baterai sehingga pengendara tidak perlu khawatir akan kehabisan energi pada saat penggunaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mewujudkan sepeda listrik dengan sistem penggerak motor listrik berpenguat sendiri dengan motor DC 3 fasa 1000 W dan generator 2 fasa 350 W, menentukan besar rata-rata putaran maksimum roda ketika sepeda listrik dijalankan pada kecepatan maksimum dalam 10 detik dengan menggunakan throttle gas dan dikayuh dalam 15 kali percobaan jika dibebani dan tanpa dibebani dengan berat pengendara seberat 80 kg, serta menentukan besar rata-rata efisiensi daya baterai dan menentukan besar rata-rata kecepatan pengisian daya listrik ke baterai ketika sepeda listrik dijalankan pada kecepatan maksimum dalam 10 detik dengan menggunakan throttle gas dan dengan dikayuh dalam 15 kali percobaan jika dibebani berat pengedara seberat 80 kg. Dalam penelitian ini diwujudkan sebuah sepeda listrik dengan motor listrik 1000W dan generator 350W yang berfungsi sebagai sistem berpenguat sendiri, serta diperoleh kecepatan maksimum rata-rata dan putaran maksimum rata-rata dengan dijalankan menggunakan throttle gas dan dikayuh tanpa beban pengendara sebesar 36,347 km/jam dengan putaran maksimum 4170,3667 RPM menggunakan throttle gas dan 20,3133 km/jam untuk kecepatan maksimum rata-rata dengan dikayuh dan putaran maksimum 2523,7333 RPM dan diperoleh juga kecepatan maksimum rata-rata saat sepeda dibebani berat pengendara 80 kg sebesar 17,5267 km/jam dengan putaran maksimum 2010,9673 dan kecepatan maksimum saat dikayuh sebesar 7,78 km/jam dengan putaran maksimum 966,5905 RPM. Selain perhitungan tersebut, diperoleh juga efisiensi sepeda saat dibebani sebesar 53,9894 % dengan throttle gas dan 61,9904 % dengan dikayuh, serta diperoleh juga kecepatan pengisian daya baterai saat sepeda dibebani sebesar 7,7603 W/s menggunakan throttle gas dan 3,2187 W/s dengan dikayuh. |