Anda belum login :: 27 Nov 2024 03:11 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PERBEDAAN SELF-CONCEPT ANTARA PENGGUNA INSTAGRAM USIA EMERGING ADULTHOOD YANG MEMILIKI MOTIF SELF-PRESENTATION AUDIENCE PLEASING DAN SELF-CONSTRUCTION
Bibliografi
Author:
Ardhiati, Agatha Novi
(Advisor);
Yolanda, Felia
Topik:
self-concept
;
self-presentation
;
audience pleasing
;
self-construction
;
emerging adults
;
instagram
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2020
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
2016070065-FELIA YOLANDA-AGATHA NOVI ARDHIATI MPSI PSIKOLOG-24 AGUSTUS 2020.pdf
(1.96MB;
16 download
)
Abstract
Individu kerap melakukan self-presentation dalam menggunakan Instagram. Motif individu dalam melakukan self-presentation dibedakan menjadi dua, yaitu audience pleasing dan self-construction. Individu dengan motif audience pleasing cenderung menampilkan apa yang disukai oleh audiensnya dan berbeda dengan realitanya. Sedangkan motif self-construction akan menampilkan dirinya yang sesungguhnya atau sosok idealnya untuk pemenuhan diri. Individu yang menampilkan diri apa adanya akan berbeda dengan yang menampilkan sosok idealnya untuk menyenangkan audiens. Adanya perbedaan antara kedua motif tersebut, memungkinkan adanya perbedaan self-concept individu. Penelitian ini betujuan untuk melihat perbedaan self-concept individu dengan motif self presentation audience pleasing dengan motif self-cosntruction. Untuk membuktikan perbedaan self-concept, penelitian ini menggunakan teori pada tahap perkembagan emerging adulthood, dimana individu sedang dalam tahap eksplorasi identitas dan fokus untuk mengenal diri serta tujuan hidup.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian berupa alat ukur Self Concept Questionnaire yang dirancang untuk emerging adults dan Self-Presentation Facebook Questionnaire (SPFBQ) yang telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia dan konteks Instagram. Penelitian ini melibatkan 296 partisipan berusia emerging adults yang aktif mengggunakan Instagram dan memiliki akun minimal selama 3 bulan yang diperoleh dari teknik convenience sampling. Teknik analisis data dilakukan menggunakan teknik Mann-Whitney U-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan self-concept individu yang memiliki motif self presentation audience pleasing dengan motif self-construction (U = 4381,5, p < 0,05). Hal ini dikarenakan terdapat aspek self-monitoring yang memengaruhi self-presentation individu. Self-monitoring membuat individu lebih cenderung memperhatikan apa yang ditampilkan sesuai dengan tuntutan situasi lingkungan sosialnya. Selain itu, terdapat hubungan yang signifikan antara self-concept dan motif self-construction dengan jumlah post Instagram. Self-concept juga memiliki hubungan yang signifikan dengan durasi persiapan posting, namun motif self-construction memiliki hubungan yang negatif dengan durasi persiapan posting.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.140625 second(s)