Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:00 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Pola Asuh Orang Tua Pada Siswa Dengan Minat Seni Rupa di Erudio Indonesia
Bibliografi
Author:
Aryanto, Christ Billly
(Advisor);
Kambey, Ivana Rachel Irene
Topik:
Pola Asuh
;
Siswa
;
Minat
;
Seni Rupa
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2020
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
2016070291, Ivana Rachel Irene Kambey, Christ Billy,Gambaran Pola Asuh Orang Tua Pada Siswa Dengan Minat Seni Rupa di Erudio Indonesia, 24 Agustus.pdf
(2.01MB;
35 download
)
Abstract
Pola asuh yang diterapkan orangtua kepada anak dapat memengaruhi bakat yang diminati oleh anak. Sebagian besar waktu anak dihabiskan dalam lingkungan keluarga. Dengan mengenal minat dan bakat anak akan memberikan manfaat bagi orangtua sehingga orangtua akan menyediakan lingkungan pendidikan yang sesuai dengan bidang yang diminati anak. Di Indonesia, pendidikan kesenian seringkali tidak mendapatkan perhatian sebesar pendidikan akademis. Orangtua masih enggan untuk membiarkan anaknya menempuh pendidikan seni. Orangtua di Indonesia masih menganggap menjadi seniman akan mempunyai masa depan yang tidak jelas. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bagaimana gambaran pola asuh siswa SMA di Erudio Indonesia.
Metode mixed methods digunakan dengan mengambil sampel sebanyak 31 siswa SMA di Erudio Indonesia secara convenience untuk data kuantitatif dan empat responden yaitu orangtua murid dari siswa Erudio Indonesia. Secara kuantitatif, pola asuh yang dipersepsikan oleh siswa diukur menggunakan alat ukur Scale of Parenting Style yang diadaptasi dari Abidha Gafoor dan Abidha Kurukkan pada tahun 2014 di India. Berdasarkan hasil kuantitatif, dimensi responsiveness memperoleh mean 131,7 dan median 132. Sedangkan untuk dimensi control, memperoleh mean 127,8 dan median 129. Secara kualitatif, responden di wawancara untuk mengetahui pola asuh dari masing-masing orangtua.
Berdasarkan hasil kuantitatif, gambaran pola asuh yang mayoritas dipersepsikan oleh siswa-siswi Erudio Indonesia adalah pola asuh Authoritative dan pola asuh Neglected. Berdasarkan hasil kualitatif, dari keempat partisipan dapat disimpulkan sebagian besar orangtua menerapkan pola asuh Authoritative namun mengasuh anaknya dengan cara yang berbeda-beda. Terdapat temuan menarik bahwa terdapat perbedaan pola asuh orangtua dengan anak yang bersekolah seni dengan anak yang bersekolah di sekolah konvensional. Penelitian ini menghasilkan saran agar pihak sekolah dan orangtua melakukan pertemuan dan kerja sama secara rutin agar terjadi komunikasi dua arah antara orangtua dengan pihak sekolah dan orangtua akan merasa dilibatkan oleh pihak sekolah dalam proses perkembangan anak.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)