Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:42 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Intensi Dosen Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya Untuk Menggunakan Microsoft Teams Dalam Pembelajaran
Bibliografi
Author:
Adishesa, Made Syanesti
(Advisor);
Danupratista, Therese Arnesthy
Topik:
Theory of Planned Behavior
;
dosen
;
Microsoft Teams
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2020
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
2016-070-036, Therese Arnesthy D., Made Syanesti A., Gambaran Intensi Dosen FPUAJ Menggunakan Microsoft Teams, 24 Agustus 2020.pdf
(1.01MB;
47 download
)
Abstract
Media pembelajaran secara digital sudah dilaksanakan di Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (FPUAJ) sebagai bentuk perkembangan teknologi dalam pendidikan. Media digital yang digunakan secara berkala oleh dosen-dosen FPUAJ adalah Microsoft Teams. Penggunaan Microsoft Teams dalam pembelajaran memerlukan intensi atau niat dari masing-masing dosen sebagai pendidik untuk menggunakannya bersama mahasiswa yang diajarnya. Intensi dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu attitude toward behavior, subjective norm, dan perceived behavioral control. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran masing-masing faktor intensi untuk menggunakan Microsoft Teams dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif dengan memberikan kuesioner kepada 14 dosen yang masih aktif mengajar di FPUAJ. Jumlah dosen yang berpartisipasi dalam penelitian ini tidak mencapai minimal jumlah partisipan yang diperlukan. Hal ini dapat disebabkan karena hambatan untuk menjangkau partisipan pada masa pandemik Covid-19. Kuesioner diberikan kepada partisipan dengan memuat sembilan pernyataan utama terkait Theory of Planned Behavior dengan empat poin skala Likert. Kuesioner ini juga memiliki 11 pertanyaan terkait data diri. Analisis hasil kuesioner ini dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif karena ingin mengetahui gambaran masing-masing faktor terhadap intensi. Hasil penelitian dengan analisis secara deskriptif dinyatakan dengan mean dan standard deviasi. Attitude toward behavior (M = 11,86, SD = 2,033) merupakan faktor yang paling mendorong terjadinya intensi pada dosen FPUAJ menggunakan Microsoft Teams dalam pembelajaran dibandingkan subjective norm (M = 6,43, SD = 1,158) dan perceived behavioral control (M = 9,64, SD = 1,550).
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.296875 second(s)