Anda belum login :: 24 Nov 2024 05:06 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
HUBUNGAN ANTARA INFORMATION OVERLOAD DAN KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN ONLINE
Bibliografi
Author:
Dahesihsari, Rayini
(Advisor);
Beatrix, Maria
Topik:
Information Overload
;
Kepuasan Konsumen
;
Pembelian Online
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2020
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
2016070008, Maria Beatrix, Rayini Dahesihsari, HUBUNGAN ANTARA INFORMATION OVERLOAD DAN KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN ONLINE , 8 Juli 2020 (2).pdf
(529.37KB;
19 download
)
Abstract
Keputusan untuk membeli produk sangat membutuhkan informasi. Internet memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi. Namun berlimpahnya informasi yang diperoleh melalui internet menimbulkan kesulitan bagi konsumen untuk mengolah dan memanfaatkan informasi yang diperoleh secara optimal dalam pengambilan keputusan. Hal ini dapat menyebabkan persepsi harapan terhadap produk mengalami bias. Harapan tersebut ketika dibandingkan dengan realitas kinerja produk dapat berpotensi menimbulkan ketidakpuasan. Dalam hal ini aspek demografis seperti usia, jender dan tingkat pendapatan juga dapat berperan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara information overload dan kepuasan konsumen dalam pembelian online. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan jumlah partisipan sebanyak 128 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang mengukur information overload dan kepuasan konsumen. Analisa data menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment, uji korelasi Rank Spearman, Independent t-test, Analysis of variance (ANOVA), Mann-Whitney U, dan Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan negatif yang signifikan antara information overload dan kepuasan konsumen. Jender, usia, tempat tinggal, frekuensi pembelian online/offline, tingkat pendapatan dan pengeluaran online/offline ternyata juga tidak memberikan pengaruh yang signifikan untuk membedakan tingkat information overload dan kepuasan konsumen. Produk yang tidak spesifik dan hanya bersifat umum tentang pembelian online diasumsikan berkontribusi terhadap hasil yang tidak signifikan tersebut. Di samping itu kuesioner information overload yang mengukur beban informasi yang diolah partisipan secara umum dan tidak spesifik pada pengolahan informasi dalam konsumsi juga diasumsikan menyebabkan hubungannya dengan kepuasan konsumen akan pembelian online menjadi kurang bermakna.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.1875 second(s)