Anda belum login :: 23 Nov 2024 12:04 WIB
Detail
BukuPELAKSANAAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN GURU DI SMK NEGERI 3 KAIRATU SERAM BAGIAN BARAT MALUKU
Bibliografi
Author: Nugroho, Aloisius Agus (Advisor); Malaihollo, Imelda Damaris
Topik: KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Ilmu Komunikasi - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: undergradueted theses.pdf (3.17MB; 7 download)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pelaksanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan guru di SMK Negeri 3 Kairatu, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan guru di SMK Negeri 3 Kairatu, upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan pelaksanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan guru di SMK Negeri 3 Kairatu.
Peneltian ini menggunakan teori komunikasi, teori komunikasi interpersonal, teori komunikasi organisasi dan teori penilaian kineja guru.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data kepala sekolah, dan guru di SMK Negeri 3 Kairatu. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif yang meliputi: penjabaran data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa: Pelaksanaan komunikasi interpersonal di SMK Negeri 3 Kairatu telah terlaksana secara rutin dan berkesinambungan. Komunikasi interpersonal antara kepala sekolah dan guru di SMK Negeri 3 Kairatu dilaksanakan dalam bentuk konsultasi langsung (bertatap muka) atau menggunakan media (handphone, surat) yang dimanfaatkan untuk memperlancar tugas dan pekerjaan dalam rangka mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misi sekolah. Faktor pendukung pelaksanaan komunikasi interpersonal yaitu: iklim komunikasi yang baik antara kepala sekolah dengan guru, media komunikasi sudah tersedia serta loyalitas dan dedikasi dari masing-masing guru. Faktor penghambat pelaksanaan komunikasi interpersonal yaitu : hambatan pekerjaan dari kepala sekolah dan masing-masing guru sehingga sulit menentukan waktu yang pas untuk menentukan waktu pelaksanaan komunikasi interpersonal, serta adanya guru yang mengajar pada dua sekolah sehingga mengakibatkan guru membagi waktu untuk sekolah lain dan signal telkomsel yang belum begitu bagus. Upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan pelaksanaan komunikasi interpersonal yaitu : adanya upaya kontinyu dan berkesinambungan dari kepala sekolah untuk menciptakan suasana yang rileks dan terbuka dengan para guru sehingga terjalin suasana kekeluargaan, kepala sekolah senantiasa memberikan bimbingan juga pengarahan kepada guru untuk menanamkan sikap dedikasi dan loyalitas masing- masing personil terhadap tanggung jawabnya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)