Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana tingkat kedisiplinan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa Kelas IV yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka di SD Santo Vincetius, Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Santo Vincetius, Jakarta Timur sebanyak 27 siswa dan beberapa guru pembimbing pramuka. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan wawancara. Skala penskoran yang digunakan pada angket adalah skala Likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam tingkat kedisiplinan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka sebanyak 15% atau 4 siswa pada kategori sangat baik, 44% atau 12 siswa pada ategori baik, pada kategori cukup terdapat 19% atau 5 siswa, serta 22% atau 6 siswa pada kategori kurang. Dari hasil penelitiannya menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka berada pada kategori baik. Saran dari hasil penelitian ini ditujukan bagi guru, siswa, sekolah dan peneliti. Dimana sekolah, guru dan siswa yang menjadi tempat dan sampel penelitian serta peneliti. |