Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:29 WIB
Detail
BukuIMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) PADA PESERTA DIDIK DI SDN BATU AMPAR 05 PAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Bibliografi
Author: Rahmawati, M. Chori (Advisor); Samuel, Andri
Topik: Penguatan Pendidikan Karakter; program PPK; penerapan program; Peserta Didik
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Penguatan Pendidikan Karakter adalah gerakan pendidikan dibawah tanggung jawab satuan sekolah untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga dengan pelibatan serta kerjasama Antara satuan sekolah, keluarga, serta masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada peserta didik di SDN Batu Ampar 05 Pagi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah pihak-pihak terkait yang terdiri dari: 1 orang Kepala Sekolah, 6 orang guru kelas, 1 orang tenaga kependidikan dan 1 orang komite sekolah serta 192 peserta didik dalam pengimplementasian penguatan pendidikan karakter di SDN Batu Ampar 05 Pagi. Metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumen dengan pengolahan data yaitu mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berupa deskripsi data yaitu karakter yang dikembangkan adalah Religus, Jujur, Toleransi, Disiplin dan Peduli Lingkungan. Implementasi PPK di SDN Batu Ampar 05 Pagi masih dalam taraf mulai membudaya, karena warga sekolah belum sepenuhnya konsisten melaksanakannya. Kendala yang dihadapi dalam implementasi PPK di SDN Batu Ampar 05 Pagi adalah perlu adanya perbaikan untuk menentukan kriteria mencapai nilai karakter utama; hasil monitoring dan evaluasi belum dijadikan tindak lanjut; dan penggunaan metode mengajar yang mengintegrasikan PPK dan 4C yang belum maksimal dilaksanakan oleh guru. Saran yang diberikan adalah hasil monitoring dan evaluasi terhadap pengimplementasian PPK sebaiknya menjadi upaya tindak lanjut bagi guru serta pendidik memperkaya metode mengajar yang mengintegrasikan PPK dan 4 C (Critis, creative, communicative dan collaborative).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)