Integrasi pembelajaran merupakan peleburan hingga menjadi kesatuan yang utuh atau bulat. Pembelajaran tematik adalah pelaksanaan dari penerapan kurikulum seperti suatu program belajar yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Integrasi tema merupakan penggabungan dari beberapa tema yang memiliki keterhubungan dan kemudian padukan sehingga menjadi tema yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi pembelajaran tematik di Sekolah Alam Indonesia, terutama bagaimana cara guru merencanakan, melaksanakan, dan menilai. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan subjek guru kelas 1 Mawar, 2 Semut, 3 Sriwijaya, 4 Ruby, 5 Einsten, 6 Mars di Sekolah Alam Indonesia. Metode pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini berupa deskripsi data yaitu sekolah alam sudah mengrintegrasikan pembelajaran tematik dengan kebijakan yang diberikan oleh pemerintah. Pelaksanaan pembelajaran tematik menerapkan model tematik terpadu dengan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada kelas 1 Mawar, 2 Semut, 3 Sriwijaya, 4 Ruby, 5 Einsten, 6 Mars. Penilaian dilakukan selama proses dan hasil akhir belajar meliputi penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik. Saran bagi sekolah yaitu lebih memantapkan lagi dalam menerapkan pembelajaran tematik agar dapat menjadi sekolah percontohan bagi sekolah alam lain. |