Cara belajar merupakan suatu metode yang digunakan siswa dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah maupun di rumah, cara belajar yang baik akan menghasilkan hasil belajar yang baik untuk siswa. Terdapat 6 aspek cara belajar yang bisa digunakan siswa untuk memperoleh hasil belajar yang baik, 6 aspek tersebut terdiri dari mengatur waktu belajar, mencatat pelajaran, memahami pelajaran, kesiapan belajar, mengolah keterampilan belajar dan belajar secara mandiri. Dari 6 aspek tersebut jika berjalan dengan baik akan menghasilkan hasil belajar yang baik bagi siswa terutama pada hasil belajar bahasa Indonesia siswa di sekolah. Dalam penelitian ini peneliti ingin melihat gambaran cara belajar bahasa indonesia dan hasil belajar bahasa Indonesia di sekolah 05 Pejagalan Jakarta Utara, dalam penelitian ini peneliti sudah menentukan sebanyak 65 siswa untuk dijadikan sampel guna memperoleh data yang dibutuhkan oleh peneliti. Dalam pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan instrumen kuesioner cara belajar dan soal test bahasa Indonesia. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti terdapat 36 pernyataan angket cara belajar bahasa Indonesia dikatakan valid serta 33 soal bahasa Indonesia dikatakan valid. Untuk angket cara belajar bahasa Indonesia indikator yang paling dominan terdapat pada mengolah keterampilan belajar kemudian untuk rata-rata soal bahasa Indonesia yang paling mudah dikerjakan oleh siswa terdapat pada Kompentensi Dasar 3.6 dengan persentase 76%. Dengan demikian hasil penelitian yang dapat diperoleh untuk peneliti adalah siswa sudah baik dalam mengolah keterampilan belajar sehingga dapat menghasil hasil belajar yang baik terutama pada pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. |