Pembelajaran tematik adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan tema untuk mengaitkan mata pelajaran antar materi sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermanfaat bagi siswa dalam tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan pengawasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan identifikasi upaya mengatasi kendala implementasi pembelajaran tematik yang meliputi persiapan, perencanaan, pelaksanaan, serta penilaian dan pengawasan pembelajaran tematik di SDN Serpong 01 Tangerang Selatan. Penelitian ini melibatkan kepala sekolah dan 16 guru, menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dengan kepala sekolah, angket dengan semua guru, dan FGD perwakilan guru kelas kecil, besar dan bidang studi. Hasil penelitian pada tahap persiapan pelatihan dan sosialisasi guru dilakukan secara bertahap dan belum diikuti oleh semua guru. Perencanaan dalam pemilihan tema baru sekedar mengikuti contoh dari pemerintah, tetapi belum dikembangkan sesuai dengan kondisi kelas. Pelaksanaan pembelajaran tematik belum optimal karena hanya sedikit menggunakan media dan kurang mengaktifkan siswa dalam belajar di kelas. Penilaian masih terfokus pada penilaian pengetahuan sedangkan sikap, dan keterampilan masih terbatas; selanjutnya pengawasan dilakukan sesekali secara umum oleh kepala sekolah dan dari pengawas dari dinas pendidikan. Dengan demikian, disarankan kepada kepala sekolah agar mengikut sertakan guru-guru yang belum mengikuti pelatihan/sosialisasi pembelajaran tematik dan saling berbagi pengalaman sehingga semua guru dapat mengimplementasikan pembelajaran tematik dengan benar. |