Indonesia memiliki beragam suku dan budaya yang saling terisolasi pada setiap daerah yang menjadi bagian kepulauan di Indonesia. Keberagaman ini terkait dengan pendidikan multikultural yang tidak memandang perbedaan budaya. Implementasi pendidikan multikultural adalah tindakan mengenai warga negara yang baik. Perlunya kesadaran nilai multikultural penting ditanamkan pada tingkat SD. Tujuan penelitian, yaitu melihat Implementasi Pendidikan Multikultural di kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan di delapan sekolah yaitu, SDN Bendungan Hilir 12, SD Tzu Chi, SD Tarakanita 1, SD Fajar Indah, SD Santo Fransiskus III, SD Mardi Waluya Cibinong, SDN 8 dan SDN 42 Tanjungpandan. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data wawancara online. Hasil penelitian, yaitu nilai yang telah dikembangkan ada nilai toleransi, tolong-menolong, keadilan, persaudaraan antarbangsa, kemanusiaan, berprasangka baik dan cinta tanah air. Nilai itu dikembangkan dengan cara pendekatan kontribusi, variasi metode belajar, pembiasaan sehari-hari, visi misi pendidikan dan kegiatan rutin. Guru-guru juga telah mengimplementasikan sesuai dengan disiplin ilmunya. |