Permasalahan di Indonesia selalu menjadi topik hangat yang banyak dibicarakan. Banyak kasus terkait kerusakan lingkungan yang timbul akibat kurangnya kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan merupakan salah satu nilai yang ditanamkan melalui proses pendidikan di sekolah termasuk di SDS Cinta Kasih Tzu Chi melalui program Gerakan Peduli Lingkungan (GPL). Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek peneliti adalah kepala sekolah, guru penanggung jawab atau koordinator kegiatan peduli lingkungan, dan guru kelas I sampai VI SD. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan angket. Hasil yang diperoleh dari penelitian dalam mewujudkan dan menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa di SDS Cinta Kasih Tzu Chi yaitu terdapat progam Gerakan Peduli Lingkungan (GPL) yang dibentuk oleh Tim Budaya Humanis yang pelaksanaannya mencakup kegiatan gerakan penghijauan, daur ulang, dan ekobrik. Pelaksanaan program GPL merupakan perwujudan misi sekolah yaitu menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, penuh kegembiraan, dan kehangatan,serta kondusif untuk pengembangan kepribadian anak. SDS Cinta Kasih Tzu Chi menentukan nilai-nilai utama dan pendukung yang menjadi fokus pengembangan budaya sekolah yaitu Gan En (bersyukur), Zun Zhong (saling menghormati), dan Ai (cinta kasih). Pelaksanaan program GPL di SDS Cinta Kasih Tzu Chi didukung dengan adanya kegiatan lainnya yaitu AI DE XI WANG dalam pembentukan karakter peduli lingkungan. Saran bagi sekolah diharapkan sekolah mampu menyusun program sekolah yang berhubungan dengan pengembangan karakter peduli lingkungan di sekolah dan guru diharapkan dapat lebih terlibat aktif dalam pelaksanaan program peduli lingkungan yang diadakan di sekolah. |