Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:37 WIB
Detail
BukuPersepsi Siswa Mengenai Metode Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Strada Budi Luhur II Bekasi
Bibliografi
Author: SAMINO, FRANCINE AVANTI (Advisor); Theresia, Cintya Ledi
Topik: Ice breaking; Minat Belajar
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Pendidikan dan Bahasa - Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa mengenai metode ice breaking terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Strada Budi Luhur II Bekasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa mengenai metode ice breaking terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Strada Budi Luhur II Bekasi. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif. Ada dua variabel bebas (ice breaking) dan variabel terikat (minat belajar). Total populasi sebanyak 103 siswa, sampel penelitian sebanyak 51 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan kuesioner. Variabel persepsi siswa megenai metode ice breaking diukur melalui aspek perhatian, keterkaitan, keyakinan, kepuasan. Variabel minat belajar siswa diukur melalui aspek perasaan dan ketertarikan, perhatian, kegiatan belajar. Berdasarkan hasil uji coba instrumen variabel ice breaking dari 30 butir pernyataan diperoleh 27 butir pernyataan yang valid dengan reliabilitas sebesar 0,940 dan hasil uji coba instrumen variabel minat belajar dari 50 butir pernyataan diperoleh 31 butir pernyataan yang valid dengan reliabilitas sebesar 0,912. Berdasarkan deskriptif data variabel ice breaking diketahui skor tertingi 108 dan skor terendah sebesar 27 sedangkan deskriptif data variabel minat belajar diketahui skor tertinggi sebesar 124 dan skor terendah sebesar 31. Hasil analisis menunjukan bahwa aspek confidence pada variabel ice breaking memiliki persentasi 88,5% dan aspek kegiatan belajar pada variabel minat belajar sebesar 61%. Kedua aspek tersebut menunjukan bahwa adanya pengaruh atau adanya tingkat minat belajar yang tinggi
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.328125 second(s)