Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:13 WIB
Detail
BukuPengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Captivate 2019 pada Materi Bangun Ruang untuk Kelas V SD
Bibliografi
Author: Putry, Eufrosiana Elisabeth ; Budhayanti, Clara Ika Sari (Advisor)
Topik: Media Pembelajaran; Multimedia Interaktif; Pembelajaran Matematika; Adobe Captivate 2019
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Pendidikan dan Bahasa - Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Media pembelajaran adalah suatu alat yang digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan sebuah informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang memiliki berbagai macam unsur yaitu teks, grafik atau image, animasi, audio, video, dan link interaktif. Penggunaan multimedia interaktif khususnya pada pembelajaran matematika dapat menarik perhatian peserta didik tetapi juga mampu mendukung peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu software yang dapat mendukung dalam membuat multimedia interaktif dengan mudah tetapi memperoleh hasil yang baik adalah Adobe Captivate 2019. Adobe Captivate 2019 yaitu software multimedia interaktif yang canggih, memiliki platform HTML5, dan memiliki komponen multimedia yang lengkap mudah dipahami. Dalam penelitian ini betujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif pada materi bangun ruang kubus dan balok kelas V SD, dengan menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dan menggunakan model ASSURE yang terdiri dari enam tahapan yaitu Analyze Learner Characteristics; State Objectives; Select, Modify, or Design Materials; Utilize Materials; Require Learner Response; evaluation and revision. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif deskripsi dan analisis data kuantitatif. Penelitian pengembangan ini memperoleh hasil “baik dan layak digunakan” bagi peserta didik dan guru dalam pembelajaran matematika di kelas ataupun secara mandiri. Oleh karena itu, melalui pengembangan multimedia interaktif ini diharapkan guru dapat menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran, dan mengembangkan multimedia interaktif lainnya untuk menjadikan pembelajaran matematika di kelas V SD lebih menyenangkan dan tercapainya tujuan pembelajaran.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)