Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:49 WIB
Detail
BukuPengembangan Video Animasi pada Materi Metamorfosis TidakSempurna dalam Pembelajaran IPA untuk Siswa Kelas IV SD
Bibliografi
Author: Anindyta, Pricilla (Advisor); Priscillia, Bella
Topik: Video Animasi; Metamorfosis tidak sempurna; Pembelajaran IPA; Siswa kelas IV SD
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Bella Priscillia_Undergraduated_2020.pdf (10.86MB; 75 download)
Abstract
Media pembelajaran adalah instrumen penting yang digunakan dalam menghantarkan pesan atau informasi berupa materi. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran adalah video animasi. Video animasi adalah kumpulan gambar yang akan diolah dengan sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan sebuah gerakan. Video animasi dapat berwujud ilusi bagi pergerakan dengan memaparkan atau menampilkan suatu urutan gambar yang berubah sedikit demi sedikit pada kecepatan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi pada materi metamorfosis tidak sempurna dalam pembelajaran IPA untuk siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara yang dianalisis dengan cara deskriptif. Hasil penelitian pengembangan yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan menghasilkan produk akhir berupa media video animasi pada materi metamorfosis tidak sempurna yang diperuntukkan bagi siswa kelas IV SD dalam
pembelajaran IPA. Proses pengembangan video animasi dilakukan dengan lima langkah, yaitu (1) Tahap analisis, yaitu analisis kebutuhan awal dan analisis karakteristik awal peserta, analisis kurikulum dan analisis materi. 2) Tahap desain, yaitu perancangan naskah, storyboard dan juga perancangan instrument, 3) Tahap pengembangan, yaitu pembuatan media video animasi, uji validitas dengan ahli materi dan juga ahli media, 4) Tahap implementasi, yaitu melakukan uji coba dengan guru, uji coba satu – satu,dan juga uji coba kelompok kecil 5) Tahap evaluasi, yaitu merevisi produk berdasarkan hasil uji coba. Video yang dihasilkan dapat dengan mudah digunakan oleh guru dan siswa. Video animasi metamorfosis tidak sempurna ini juga menarik bagi siswa kelas IV SD karena memiliki tampilan yang menarik dan dapat membantu siswa untuk memahami materi metamorfosis tidak sempurna sehingga dapat membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan video animasi metamorfosis tidak sempurna dapat membantu guru pada proses pembelajaran di dalam kelas karena dengan penggunaan video animasi siswa menjadi lebih semangat dan termotivasi untuk belajar di dalam kelas.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)