Anda belum login :: 17 Feb 2025 13:26 WIB
Detail
BukuPengembangan Video Animasi pada Materi Metamorfosis Sempurna untuk Siswa Kelas IV SD
Bibliografi
Author: Larasati, Celine Putri ; Anindyta, Pricilla (Advisor)
Topik: Video Animasi; Media Pembelajaran; Metamorfosis Sempurna
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa     Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Celine Putri Larasati_Undergraduated Thesis_2020.pdf (16.47MB; 132 download)
Abstract
Video animasi merupakan media yang menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk gambar bergerak yang dilengkapi dengan suara dan teks sehingga dapat membantu pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Video animasi menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan, sehingga mengurangi beban kognitif siswa dalam menerima pembelajaran dan memberikan ingatan yang lebih lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi pada materi metamorfosis sempurna untuk siswa kelas IV SD dengan menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi yang dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan, diperoleh kesimpulan bahwa video animasi dilakukan berdasarkan lima tahapan pengembangan ADDIE yaitu analisis, pendesainan, pengembangan, implementasi dan evaluasi, serta mendapatkan hasil “baik dan layak digunakan menjadi media pembelajaran bagi siswa kelas IV SD” berdasarkan aspek materi dan elemen animasi. Video animasi membuat siswa semangat belajar dan membantu mereka dalam belajar materi metamorfosis sempurna karena penjelasannya yang lengkap, jelas, dapat dimengerti, dan mudah digunakan oleh siswa. Siswa terlihat fokus, bersemangat dan antusias ketika menonton video animasi tersebut. Melalui pengembangan video animasi ini, peneliti memberikan saran kepada guru untuk menggunakan video animasi dengan mengintegrasikannya dengan metode pembelajaran lain. Selanjutnya sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana sehingga guru dapat menggunakan video animasi dalam pembelajaran di kelas dan memberikan pelatihan dalam upaya mengembangkan video animasi yang akan digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan kebutuhan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)