Anda belum login :: 23 Nov 2024 15:49 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
OPTIMALISASI PELAYANAN MELALUI SISTEM ANTRIAN UNTUK KEPUASAN KONSUMEN
Oleh:
Saragih, Nawary
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Media Unika Majalah Ilmiah Unika Santo Thomas Sumatera Utara vol. 24 no. 79 (Jan. 2011)
,
page 18.
Topik:
Kepuasan Konsumen
;
Sistem Antrian
;
Manajemen
;
Loket
Ketersediaan
Perpustakaan PKPM
Nomor Panggil:
M62.2
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Perusahaan/organisasi yang bergerak di bidang jasa pelayanan, antrian panjang dapat disebabkan oleh banyaknya konsumen/ pelanggan yang datang sekaligus untuk melakukan transaksi melebihi !ingkat pelayanan yang diberikan petugas loket/ teller. Terjadinya antrian yang panjang pada loket/ teller bagian penyetoran dan penarikan/transaksi, menyebabkan ketidakpuasan bagi kotzsumen/ pelanggan atas waktu yang terlalu lama harus menunggu. Manfaat tulisan ini adalah sebagai bahan masukan bagi perusahaan yang ingin melakukan pelayanan optimal untuk kepuasan konsumen/ pelanggannya. Waktu antrian panjang dapat terjadi setiap awal bulan, setiap tang gal 20 atau setiap hari, atau pada waktu tertentu tergantung ruang gerak perusahaan tersebut. Waktu yang dibutuhkan untuk melayani setiap konsumen berbeda, bagian loket/teller melayani dengan prinsip pertama datang pertama dilayani atau prioritas tertentu. Konsumen yang harus menunggu lama adalah berakibat merasa tidak puas atas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan, maka akan terjadi keluhan bahkan terjadi perpindahan konsumen kepada jasa perusahaan lain sejenisnya atau konsumen beralih menggunakan tenaga penjual jasa dan sejenisnya yaitu tenaga calo yang tetap sebagai sumber ketidakpuasan konsumen. Sebagai bahan pertimbangan kepada pihak manajemen perusahaan adalah sebaiknya menambah jumlah loket/ teller pada awal bulan, setiap tanggal 20 atau setiap hari, atau pada waktu tertentu tergantung ruang gerak perusahaan tersebut untuk mengurangi terjadinya antrian panjang atau akan terciptanya kecepatan dan ketepatan pelayanan seperti harapan dari konsumen.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)