Warung Kelontong Riani adalah bisnis yang bergerak di bidang retail barang-barang kebutuhan sehari-hari, seperti sembako, makanan dan minuman ringan, rokok dan gerai transaksi online. Saat ini Warung Kelontong Riani melakukan aktivitas retailnya di wilayah Kelurahan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, dan menjual barang dagangannya dengan menggunakan sebagian depan tempat tinggalnya untuk membuka usaha retailnya. Penjualan Warung Kelontong Riani pada tahun 2021 diperkirakan sebesar Rp. 651.552.500,- dan akan meningkat menjadi Rp. 1.733.686.976,- pada tahun kelima dengan tingkat pertumbuhan rata-rata penjualan sebesar 20% setiap tahunnya. Warung Kelontong Riani memiliki strategi pasar untuk mendukung kesuksesan bisnis ini berjalan. 1. Target Pasar: Seluruh masyarakat di sekitar wilayah kelurahan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. 2. Strategi Pemasaran: Point of Purchase, yaitu dengan membuat display yang khusus dan menarik sehingga membuat konsumen tertarik untuk datang membeli. 3. Strategi Harga: Strategy Focus, yaitu Warung Kelontong Riani memberikan fokus pada penjualan barang dagangan seperti sembako, peralatan mandi dan cuci, makanan dan minuman serta rokok. 4. Strategi Promosi: Mouth to mouth, yaitu Warung Kelontong Riani memberikan pelayanan yang ramah dan baik, sehingga ada dampak positif di hati konsumen dan dapat di share kepada teman dan tetangganya. Kebutuhan dana untuk melakukan pengembangan usaha Warung Kelontong Riani adalah sebesar Rp.160.619.000,- dengan tingkat keuntungan naik sebesar Rp. 33.345.637- pada tahun 2021 dan Rp. 194.990.779,- pada tahun 2025, dan payback period selama 2 tahun 6 bulan. Hal ini menjadi kesempatan bagi Warung Kelontong Riani untuk mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar lagi khususnya di wilayah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. |