Kematian akibat kecelakaan lalu lintas mengakibatkan kendaraan terbakar merupakan salah satu faktor penyebab kematian pengendara kendaraan tersebut. WHO, menggambarkan kecelakaan lalu lintas akibat kebakaran meningkat cukup signifikan, akibat terjadinya kontak antar bahan bakar dengan sumber panas, umumnya terjadi pada tipe sport. Dalam tulisan ini, kami melakukan suatu studi apakah kemungkinan penggunaan komposit serat karbon yang diperkuat polimer atau CFRP (Carbon Fiber Reinforced Polymer) untuk digunakan sebagai tangka bahan bakar untuk kendaraan untuk tipe tertentu (kendaraan sport ). Dalam studi ini, kami melakukan beberapa pengujian sifat mekanik seperti impak, ketahanan api, dan analisis kenaikan temperatur material CFRP akibat gesekan yang dibandingkan dengan material tangka mobil pabrikan (Al 5083), agar sedapat mungkin memenuhi persayaratan untuk tangka bahan bakar. Hasil pengamatan impak, CFRP sebesar 0,097 j/mm2 sementara AL 5083 adalah sebesar 0,565 j/mm2, hasil pengujian api untuk CFRP menunjukkan tidak adanya perambatan api, dan analisa kenaikan temperatur akibat gesekan material menujukan CFRP, 0,37 kali lebih rendah dari alumminum. Dari hasil tersebut dapat dimungkinkan untuk Serat karbon digunakan sebagai material tangki bahan bakar kendaraan bermotor, yang sedapat mungkin mengurangi resiko kebakaran dalam kecelakaan. |