Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:22 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Sistem Antrian Pada Service Motor dengan Pendekatan Simulasi Menggunakan Software ProModel (Studi Kasus: Bengkel X Motor, Tangerang)
Bibliografi
Author:
Sugioko, Andre
(Advisor);
Tambunan, Ruth Ancilla
Topik:
Bengkel
;
Antrian
;
ProModel
;
Simulasi
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2020
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ruth Ancilla_Undergraduated_Theses_2016043092.pdf
(5.94MB;
40 download
)
Abstract
Wilayah Indonesia memiliki banyak jumlah penduduk yang setiap tahunnya terus meningkat. Dikarenakan jumlah penduduk di Indonesia yang banyak, maka masyarakat membutuhkan kendaraan sebagai alat transportasi yang digunakan untuk membantu melaksanakan kegiatannya. Alat transportasi yang sering digunakan ialah kendaraan motor, dengan bertambahnya motor ini banyak usaha pelayanan jasa berupa service motor. Salah satunya ialah Bengkel X Motor yang bergerak dibidang usaha service motor. Pada service ini memiliki 1 lokasi pendaftaran, 4 pit service, 1 lokasi pemeriksaan dan lokasi pengambil kendaraan dan untuk operator memiliki 1 pendaftaran dan 5 mekanik. Permasalahan Bengkel X Motor adalah waktu tunggu sistem antrian service yang lama dikarenakan beban kerja yang tidak merata dan mesin tidak optimal pada Senin – Jumat maupun Sabtu - Minggu. Contoh hari Senin – Jumat menghasilkan waktu tunggu untuk pemilik motor 1 di dalam sistem sebesar 2246.37 detik dan pemilik motor 2 didalam sistem sebesar 3019.66 detik. Maka dari itu, dilakukan penelitian untuk mengurangi waktu service dengan beberapa usulan yang diberikan. Metode yang diberikan pada penelitian ini ialah pendekatan simulasi ProModel dengan pengamatan selama 1 bulan dan hanya pada jam sibuk bengkel, melakukan perancangan simulasi aktual, perancangan simulasi usulan, pengujian statistik, perhitungan ekonomi teknik dan pertimbangan lainnya. Usulan yang terpilih ialah mengalokasikan operator dan melakukan pergantian mesin baru. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa rata – rata dari waktu tunggu pemilik, waktu proses service motor dan persentase idle operator mengalami penurunan di hari Senin – Jumat maupun Sabtu - Minggu. Misal pada hari Senin – Jumat waktu tunggu pemilik motor 1 mengalami penurunan menjadi 1707.38 detik dan waktu tunggu pemilik motor 2 menjadi 1730.00 detik. Usulan yang diberikan mampu mengurangi waktu tunggu sistem antrian service di Bengkel X Motor. Berdasarkan perhitungan ekonomi teknik untuk NPV, Bengkel X Motor memperoleh pendapatan Rp 1.561.203.094 dan menurut hasil NPV ini solusi yang diberikan layak untuk dilaksanakan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)