Aplikasi layanan pesan-antar makanan saat ini sedang popular di Indonesia namun juga di Asia Tenggara maupun di dunia. Persaingan di industri pesan-antar makanan ini dapat dikatakan cukup ketat, baik local brand maupun global brand. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen dan apakah terdapat perbedaan persepsi konsumen yang signifikan pada bauran pemasaran jasa Go-Food sebagai local brand dan GrabFood sebagai global brand di Jakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat DKI Jakarta yang pernah menggunakan layanan Go-Food dan GrabFood minimal dua kali. Sampel sebanyak 100 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif mean score dan overall mean score untuk melihat persepsi konsumen dan Paired Sample T-test untuk melihat apakah terdapat perbedaan yang signifikan, pada bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik. Hasil analisis data pada penelitian ini menyimpulkan persepsi konsumen pada bauran pemasaran Go-Food dan GrabFood di Jakarta sama-sama baik, berdasarkan score 3,4 – 4,2. Sedangkan untuk perbedaan persepsi konsumen yang signifikan ditemukan pada produk, harga, promosi dan orang. |