Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh financial literacy dan self control terhadap perilaku konsumtif online shopping mahasiswa di Jabodetabek. Financial literacy merupakan tingkat pemahaman seseorang mengenai keuangan dan kegunaannya. Sedangkan, self control merupakan kemampuan seseorang untuk mengendalikan pikiran, emosi, keinginan, dan perilakunya. Kemudian, perilaku konsumtif online shopping dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan mengonsumsi barang atau jasa melalui internet secara berlebihan akibat proses pertimbangan yang tidak rasional karena banyaknya kemudahan yang ditawarkan. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dalam google form yang link-nya disebarkan melalui media sosial kepada mahasiswa di Jabodetabek. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 255 responden, yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial literacy dan self control berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif online shopping mahasiswa di Jabodetabek. |