Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan: (1) rata-rata minat membaca siswa sebelum diberikan pelatihan (pretest) sebesar 24,7 (2) rata-rata minat membaca siswa sesudah diberikan pelatihan (posttest) sebesar 28,8 (3) rata-rata kemampuan membaca awal siswa sebelum diberikan pelatihan (pretest) yaitu sebesar 5,26 (4) Rata-rata kemampuan membaca siswa sesudah diberikan pelatihan (posttest) yaitu sebesar 9,86. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan secara signifikan minat membaca sebelum dan setelah diberikan pelatihan dengan nilai asymp. sig< 0,05 atau 0,00 < 0,05 dengan t hitung 10.269 (2) terdapat perbedaan secara signifikan kemampuan membaca sebelum dan setelah diberikan pelatihan dengan nilai asym. sig <0,05 atau 0,00 < 0,05 dengan t hitung 12.252. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada minat dan kemampuan membaca siswa setelah diterapkan strategi Reciprocal Teaching |