Anda belum login :: 17 Feb 2025 07:35 WIB
Detail
BukuGambaran Persepsi Remaja Perempuan Mengenai Konten Fitspiration Di Instagram
Bibliografi
Author: Shanti, Theresia Indira (Advisor); ARJADI, RETHA (Advisor); Arviana, Narisya
Topik: Persepsi; Fitspiration; Konten Instagram; Remaja Perempuan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext: Narisya Arviana_Undergraduate Thesis_2020.pdf (1.43MB; 47 download)
Abstract
Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling sering digunakan, khususnya oleh remaja perempuan. Salah satu konten populer di Instagram adalah fitspiration, konten yang dirancang untuk menginspirasi pemerhati untuk mengejar gaya hidup sehat melalui olahraga dan pola makan yang baik. Dengan fitspiration yang dibagikan di Instagram, pemerhati akan melakukan proses pemaknaan secara kognitif atau membentuk suatu persepsi, suatu proses untuk mengorganisasikan dan menginterpretasikan kesan-kesan indera mereka agar memberikan makna bagi lingkungan. Dalam prosesnya, persepsi dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu (1) pemersepsi, (2) sasaran dari persepsi, dan (3) situasi. Jika terbentuk persepsi yang tidak sesuai dengan fitspiration dapat berdampak negatif pada remaja perempuan. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat gambaran persepsi remaja perempuan mengenai konten fitspiration di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data wanwancara semistruktur. Partisipan yang diambil ialah tiga orang remaja perempuan berusia 16-17 tahun yang menggunakan media sosial Instagram dan mengenal konten fitspiration. Panduan wawancara disusun berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi persepsi menurut Robbins. Kemudian hasil wawancara dianalisis menggunakan metode tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap partisipan secara umum merasa terinspirasi dan terdorong untuk memiliki gaya hidup sehat dengan mengetahui konten fitspiration. Kendati demikian, terdapat perbedaan persepsi antara tujuan fitspiration dan partisipan. Penelitian ini memerlihatkan fitspiration sebagai konten yang semakin populer di Instagram yang dapat memberikan efek positif juga negatif. maka konten ini dikonsumsi oleh berbagai rentang usia, sehingga penelitian selanjutnya dapat menggunakan metode kuantitatif agar dapat mengeneralisasi persepsi mengenai konten ini.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)