Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:29 WIB
Detail
BukuDinamika Parental Mediation Ayah dan Ibu pada Penggunaan Internet Anak Usia Sekolah Dasar
Bibliografi
Author: Pristinella, Debri (Advisor); Elanor, Cindy
Topik: Parental Mediation; Inkonsistensi Pola Asuh; Internet; Anak Usia Sekolah Dasar
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext: Cindy Elanor_Undergraduated Theses_2020.pdf (1.05MB; 85 download)
Abstract
Orang tua di Indonesia, terutama di Jakarta yang mempunyai anak usia sekolah dasar umumnya sudah memfasilitasi anak mereka dengan gawai yang terhubung ke internet. Oleh karena itu, dibutuhkan pengawasan dari ayah dan ibu untuk memaksimalkan manfaat positif internet sebagai media pembelajaran dan meminimalisir manfaat negatif internet agar perkembangan anak menjadi optimal. Usaha orang tua dalam mengelola penggunaan internet anak disebut sebagai parental mediation. Anak sekolah dasar menghabiskan waktu lebih banyak di sekolah bersama teman daripada dengan orang tuanya. Adanya inkonsistensi yang terjadi dalam penerapan strategi parental mediation antara ayah dan ibu dapat membuat anak sulit untuk menaati batasan dan aturan yang telah ditetapkan oleh orang tua. Inkonsistensi ini muncul bila ayah tidak menegaskan aturan yang telah dibuat oleh ibu. Hal ini terjadi karena peran ibu yang masih dianggap sebagai pengasuh utama anak dibandingkan ayah. Padahal peran ayah juga sama pentingnya dengan peran ibu dalam melakukan praktik parental mediation. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dinamika parental mediation ayah dan ibu serta faktor-faktor yang memengaruhi parental mediation pada penggunaan internet anak usia sekolah dasar dengan rentang usia enam hingga dua belas tahun di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara semi terstruktur kepada tiga pasangan partisipan ayah dan ibu yang memiliki anak berusia enam sampai dua belas tahun dan diizinkan untuk mengakses internet. Peneliti membuat alat ukur berupa panduan wawancara yang telah melewati proses expert judgement. Hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis konten. Triangulasi juga dilakukan kepada anak dari masing-masing pasangan partisipan untuk meningkatkan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika parental mediation dipengaruhi oleh komunikasi terbuka dalam menentukan kesepakatan serta penerapan aturan yang dijalankan secara konsisten antara ayah dan ibu. Hasil penelitian ini juga dipengaruhi dua faktor utama praktik parental mediation yaitu sikap orang tua terhadap penggunaan internet anak dan kemampuan orang tua dalam menggunakan internet. Ditemukan bahwa ayah dan ibu yang menerapkan praktik parental mediation secara konsisten dapat memaksimalkan manfaat positif internet sebagai media pembelajaran dan meminimalisir risiko negatif internet seperti risiko konten dan adiktif internet pada anak.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.140625 second(s)