Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sejatinya merupakan tenaga siap kerja dan idealnya memiliki serapan yang tinggi untuk para lulusannya. Karawang merupakan rumah bagi berbagai Kawasan Industri yang membuka berbagai lapangan kerja bagi para pencari kerja, namun angka keterserapan kerja lulusan SMK di Kabupaten Karawang masih terbilang rendah. Adanya kesenjangan antara kebutuhan (demand) pada dunia kerja dengan kualitas penyediaan (supply), terkhusus kecakapan kerja (employability skills) tenaga kerja yang belum memadai dari institusi pendidikan kejuruan disinyalir menjadi penyebab rendahnya serapan kerja lulusan SMK di Kabupaten Karawang. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan kepada 400 partisipan (61.75% laki-laki dan 38.25% perempuan) yang diperoleh melalui teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Employablity Skills Questionnaire yang telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia dan disesuaikan dengan konteks Sekolah Menengah Kejuruan oleh Pusriawan (2018) untuk mengukur tingkat employability skills lulusan SMK di Kabupaten Karawang. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat employability skills lulusan SMK di Kabupaten Karawang termasuk ke dalam kategori tinggi (M= 154,48 > Mi= 125). Ada perbedaan antara employability skills laki-laki dan perempuan (t= 2.307; n=400; p= 0.022 < 0.05,two tailed) dengan employability skills laki-laki (M laki-laki= 157,41) lebih tinggi dibandingkan perempuan (M perempuan= 152,68) dan tidak adanya perbedaan antara employability (t= 0.092; n=400; p= 0.927 > 0.05, two tailed) skills lulusan SMK yang belum pernah bekerja dan sudah pernah bekerja. Aspek employability skills lulusan SMK di Kabupaten Karawang secara urut (ranking) kesehatan dan keselamatan kerja, mengelola diri, kerja sama dalam tim, pembelajaran, berkomunikasi, menggunakan teknologi, memecahkan masalah, merencanakan dan mengatur kegiatan, dan mengambil prakarsa dan berusaha. Implikasi temuan ini akan dijelaskan pada sub bab diskusi. |