Dukungan sosial adalah individu yang memperhatikan, menghargai, dan mencintai dukungan sosial salah satu cara individu dalam mengatasi masalah. Dukungan sosial yang diperoleh siswa kelas VII SMP Kristoforus dilihat dari jenis-jenis dukungan sosial emosional, penghargaan, instrumen, dan informasi. Tujuan penelitian mengetahui persepsi siswa SMP kelas VII Kristoforus 1 Grogol terhadap dukungan sosial dalam proses pembelajaran subjek penelitian berjumlah 53 siswa. Jenis Penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif teknik pengumpulan data skala penilaian. Variabel dukungan sosial analisis data diolah dengan mengunakan rumus persentase. Analisis uji coba validitas pernyataan instrumen pada variabel dukungan sosial menunjukkan seluruh pernyataan yang valid sebanyak 28 pernyataan koefisien sebesar 0,945. Komponen yang paling dominan yaitu dukungan informasi, indikator mendapat saran dan cara dalam menyelesaikan masalah merupakan indikator yang paling banyak direspon sering dan selalu oleh siswa. Komponen yang kurang dominan yaitu dukungan instrumen, indikator mendapat bantuan dari keluarga, sahabat, dan guru dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah merupkan indikator yang kurang dialami siswa. Berdasarkan hasil pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap jenis-jenis dukungan sosial dalam penyesuaian kurikulum dan sekolah berada pada kategori positif dengan persentase 96% dan kategori cukup positif sebesar 4%. Jenis dukungan sosial yang paling dominan dialami siswa adalah dukungan informasi dan dukungan yang kurang dominan dialami siswa adalah dukungan instrumen. Guru BK hendaknya dapat menindaklanjuti hasil penelitian ini dalam perencanaan program layanan BK di sekolah. Mahasiswa Prodi BK hendaknya menindaklanjuti hasil penelitian ini melalui penelitian lanjutan, misalnya menghubungkan variabel persepsi terhadap jenis dukungan sosial dengan variabel lain, diantaranya variebel motivasi belajar, harga diri, atau keterampilan sosial. |