iswa untuk melakukan penilaian terhadap kelas, kemampuan diri, dan prestasi. Konsep diri kelas merupakan penilaian diri terhadap cara mengemukakan pendapat dan relasi guru serta teman, konsep diri kemampuan merupakan penilaian terhadap penyelesaian tugas disekolah dan dirumah, konsep diri prestasi merupakan penilaian terhadap hasil belajarnya. Strategi WDEP adalah strategi dalam konseling dengan pendekatan realitas yang bertujuan menangani masalah konsep diri akademik negatif pada siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas penerapan layanan konseling kelompok dengan strategi WDEP untuk menangani masalah konsep diri akademik negatif 4 siswa kelas VIIIC SMP Marie Joseph Jakarta Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Subjek Penelitian berjumlah empat siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre – eksperimental dalam bentuk one- shot case study. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan lembar kerja. Berdasarkan hasil konseling kelompok dengan strategi WDEP terdapat satu siswa yang terlihat memiliki perubahan yakni CDP yang sudah menerapkan perilaku baru yang di harapkan, sedangkan ketiga siswa (AMS, CCSS & JG) belum mampu menampilkan perubahan yang lebih baik setelah mengikuti proses konseling kelompok. Saran yang diberikan peneliti untuk siswa (AMS, CCSS, CDP & JG) peneliti menyarankan kepada siswa agar dapat memahami konsep diri akademik yang positif dengan memahami kemampuan yang dimiliki. Saran yang diberikan kepada guru BK untuk memberikan layanan konseling kelompok atau individual sesuai dengan kebutuhan dan kepada empat siswa tersebut, agar munculnya minat siswa untuk belajar. Saran untuk pihak sekolah agar memberikan motode pembelajaran baru, agar siswa lebih termotivasi dan semangat dalam belajar. |