Anda belum login :: 27 Nov 2024 16:00 WIB
Detail
BukuPenggunaan Model Rangka Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Relasi Antar Garis Di Kelas Iv Sdn 02 Ciater, Tangerang Selatan
Bibliografi
Author: CLARA IKA SARI BUDHAYANTI (Advisor); Siagian, Clara Susy Mariany
Topik: Model Rangka Bangun Ruang; Hasil Belajar; Relasi Antar Garis
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Clara Susy Mariany Siagian_Undergraduated Theses_2020.pdf.pdf (4.1MB; 27 download)
Abstract
Matematika adalah salah mata pelajaran yang diajarkan di jenjang sekolah dasar. Banyak siswa yang enggan untuk belajar matematika karena diangap sulit. Hal ini dikarenakan sifat matematika yang abstrak. Akibatnya banyak siswa yang tidak memahami pembelajaran matematika secara baik. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menghadirkan model rangka bangun ruang ke dalam pembelajaran matematika khususnya materi relasi antar garis dalam bentuk media tiga dimensi. Model rangka bangun ruang adalah model yang terbentuk dari gabungan garis lurus dan garis lengkung tanpa permukaan tertutup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi relasi antar garis di kelas IV SDN 02 Ciater serta mendeskripsikan penggunaan model rangka bangun ruang yang dibuat dari magic straw. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Ciater, yaitu siswa kelas IVA yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan dengan jumlah keseluruhan 26 siswa, guru kelas IVA serta peneliti. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus I mempelajari garis sejajar dan garis berpotongan dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 65. Pada siklus II mempelajari garis tegak lurus dan garis bersilangan dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 81,5. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model rangka bangun ruang pada materi relasi antar garis dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 02 Ciater serta dapat mengaktifkan siswa dalam belajar, mengajarkan siswa berdiskusi dalam kelompok, dan mengajarkan siswa untuk tampil percaya diri. Dengan demikian peneliti menyarankan sekolah untuk memberikan pelatihan kepada guru lebih terampil dalam menggunakan dan mengembangkan media dalam berbagai materi pelajaran.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)