Anda belum login :: 27 Nov 2024 00:09 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penerapan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk Penentuan Alternatif Strategi Pada Fitness First Jakarta
Bibliografi
Author:
Widawati, Enny
(Advisor);
Puspitasari, Fransisca Sukma Ajeng
Topik:
Matriks IFE
;
EFE
;
CPM
;
IE
;
SWOT
;
QSPM
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Fransisca Sukma's Undergraduate Theses.pdf
(16.58MB;
16 download
)
Abstract
PT. Fitness First Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam indutsri jasa pusat kebugaran. Dalam menghadapai ketatnya persaingan membuat perusahaan perlu mengembangkan strategi-strategi baru agar tetap mampu bersaing dengan para pesaingnya dan meningkatkan jumlah member yang join di Fitness First. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh Fitness First dengan matriks IFE dan EFE, serta mengetahui faktorfaktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih jasa pusat kebugaran dan mengetahui posisi Fitness First dibandingkan dengan kompetititor terbesarnya dengan matriks CPM. Dan dengan matriks IE dan SWOT dirumuskan beberapa alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan yang nantinya akan ditentukan tingkat prioritas dari alternatif-alternatif strategi yang diusulkan berdasarkan matriks QSPM. Dari hasil matriks IFE EFE didapatkan skor internal sebesar 2,644 dan skor eksternal sebesar 2,446, dan untuk matriks CPM skor yang didapatkan oleh Fitness First sebesar 2,70. Ketiga skor tersebut menunjukkan bahwa posisi perusahaan berada pada keadaan sedang, dan pada matriks IE perusahaan pda kuadran ke-V, yang artinya hold and maintain dengan strategi yang dapat dilakukan yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk. Pada matriks SWOT terbentuk 8 alternatif strategi yang diusulkan untuk perusahaan. Dari matriks QSPM didapatkan strategi prioritas yang dapat dilakukan oleh Fitness First sesuai dengan nilai total attractiveness score terbesar yaitu mengadakan promosi di tempat-tempat keraiman seperti pusat perbelanjaan atau memanfaatkan momentum yang sudah ada seperti saat car free day dengan demo program-program kelas yang dimiliki dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk menarik konsumen dan menumbuhkan minat mayrakat untuk bergabung menjadi member di Fitness First.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.203125 second(s)