Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:55 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Pendidikan Profesi Guru (PPG) terhadap pengetahuan konten pedagogik (pedagogical content knowledge) guru peserta PPG prajabatan
Bibliografi
Author:
Samino, M. Francine Avanti
;
Dewi, Naomi Dias Laksita
;
Rahmawati, M. Chori
;
Revina, Shintia
Bahasa:
(ID )
Tahun Terbit:
2020
Jenis:
Article
Fulltext:
Laporan Penelitian PCK PPG perpus.pdf
(482.15KB;
5 download
)
Abstract
Dalam bidang pendidikan dan pengembangan guru, konsep PCK (Pedagogical content knowledge) yang dikemukakan oleh Shulman (1987) dinilai sebagai salah satu komponen penting dalam kompetensi guru. Dalam kaitannya dengan program pendidikan profesi guru (PPG), komponen PCK yang diharapkan dapat dikembangkan menjadi TPACK
(Technological, pedagogical, and content knowledge) dikembangkan melalui program lokakarya terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari PCK dari 26 mahasiswa PPG pada program studi PGSD Unika Atma Jaya. Data yang dikumpulkan berupa kuesioner PCK untuk mata pelajaran matematika, bahasa Indonesia, IPA dan IPS serta rekaman video mengajar mahasiswa pada pembelajaran tematik. Data berupa kuesioner dianalisa dengan menggunakan software SPSS dan data berupa rekaman video dianalisa dengan teknik analisa kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan para peserta PPG memiliki penilaian diri (self-assessment) bahwa mereka memiliki kemampuan PCK baik untuk aspek konten dan kurikulum maupun untuk aspek pengetahuan. Selain itu peserta PPG tersebut dinilai belum menguasai bagaimana memahami kesulitan dan miskonsepsi dalam pembelajaran.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)