Matematika adalah ialah ilmu yang berhubungan dengan bilangan, konsep, logika, dan bilangan untuk menyelesaikan masalah-masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran matematika sangatlah membutuhkan media pembelajaran sebagai penunjang pembelajaran agar pembelajaran tidak membosankan. Media pembelajaran sangatlah penting sebagai penyampaian pesan sehigga dapat menstimulus agar terjadi proses belajar pada peserta didik. Namun yang terjadi di lapangan adalah peserta didik masih sangat minim pada materi pembelajaran matematika . hal tersebut terjadi disebabkan karena keterbatasan guru dalam waktu, ide, dan fasilitas pada penggunaan media pembelajaran. Salah satu media tambahan untuk membantu peserta didik belajar adalah buku saku buku saku adalah buku yang dapat digunakan sebagai sumber beljar dan mempermudahkan peserta didik dalam mempelajari materi pelajaran yang sedang di pelajari. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran buku saku matematika yang telah divalidasi dan diujicobakan. Validasi buku saku telah dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dan hasilnya layak untuk diujicobakan setelah direvisi. Kegiatan ujicoba dilakukan di SDN Tegal Alur 02 Pagi. Prosedur pengembangan dan penelitian buku saku ini menggunakan model ADDIE dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket yang dianalisis secara kualitatif. Hasil uji coba, media pembelajaran layak digunakan didalam pembelajaran karena dapat peserta didik dapat membantu peserta didik saat belajar dan membantu guru dalam penyampaian materi pembelajaran. Melalui pengembangan media pembelajaran buku saku ini, diharapkan guru semakin termotivasi dalam mengmbangkan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk media tambahan peserta didik untuk belajar. |