E-Commerce di Indonesia semakin berkembang, pengguna e-commerce di Indonesia tercatat paling banyak pada rentang usia 18-40 tahun yaitu generasi Y. Generasi Y memiliki karakteristik confidence, choice, speed, dan connection ditambah e-commerce yang memberikan fitur yang mempermudah berbelanja, membuat generasi Y rentan menjadi impulsive buying. Sedangkan dilihat dari usia yang sudah memasuki dewasa awal, maka seharusnya sudah memiliki self-control yang baik. Generasi Y yang memiliki kecenderungan impulsive buying dan berdasarkan perkembanganya memiliki self-control yang baik membuat penelitian ini menjadi menarik untuk membuktikan apakah terdapat korelasi antara impulsive buying dan self-control. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji korelasi. Penelitian ini menggunakan instrumen yang disusun sendiri oleh peneliti. Terdiri dari dua instrument yaitu impulsive buying yang menggunakan teori Rook dan self-control yang menggunakan teori Tunze. Sampling yang dilakukan menggunakan teknik convenience sampling. Didapatkan 386 responden. Kemudian hasil yang didapatkan dilakukan uji normalitas. Hasil yang didapatkan adalah kedua skor total memiliki persebaran yang tidak normal, maka peneliti menggunakan teknik spearman correlation. Hasil uji menunjukan bahwa terdapat korelasi negatif yang signifikan antara kedua variabel penelitian rs(384) = -0.236, p < 0,001. Ketika salah satu variabel bernilai tinggi, variabel lainnya akan bernilai rendah. Hasil dari penelitian ini juga serupa dengan hasil penelitian terdahulu seperti yang dilakukan oleh Tangney, Baumeister, dan Boone yang menyatakan memang terdapat korelasi negative antara kedua variabel penelitian tersebut. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini kepada generasi Y guna untuk mengurangi perilaku impulsive buying dengan mengikuti seminar yang secara langsung atau tidak langusung membantu meningkatkan self-control. Secara khusus dapat memulai dari mendownload mobile application yang dapat membantu memantau dan merencanakan keuangan untuk masa depan. |