Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:52 WIB
Detail
BukuBig Five Personality Trait sebagai Prediktor Perilaku Online Impulsive Buying pada Dewasa Awal di Jabodetabek
Bibliografi
Author: Rocky (Advisor); Moniaga, Nina Regina
Topik: Big Five Personality; Impulsive Buying; Online Shopping
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext: Nina Regina_Undergraduate Theses_2019.pdf (457.54KB; 109 download)
Abstract
Belanja tidak hanya dilakukan sebagai sarana memenuhi kebutuhan, melainkan sebagai bentuk coping behavior. Salah satu bentuknya adalah impulsive buying.Impulsive buying adalah perilaku belanja yang sifatnya tidak terencana (spontan) dan terjadi saat itu juga. Penelitian ini akan mengaitkan impulsive buying dalam konteks online dengan salah satu teori kepribadian (trait) yaitu, big five personality trait. Teori ini terdiri dari lima dimensi yaitu, openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness, dan neuroticism. Jumlah partisipan yang ada dalam penelitian ini adalah 230 partisipan. Partisipan dipilih berdasarkan metode non-probabilty sampling teknik convenience sampling. Penelitian ini enggunakkan dua alat ukur. Alat ukur pertama adalah impulse buying tendency scale yang terdiri dari 20 item (10 item aspek kognitif dan 10 item aspek afektif. Alat ukur kedua adalah big five inventory yang terdiri dari 44 item yang merepresentasikan kelima dimensi big five personality trait. Berdasarkan hasil uji regresi berganda, dimensi yang menjadi prediktor yang signifikan bagi perilaku online impulsive buying adalah conscientiousness, neuroticism, dan extraversion. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dimensi openness tidak dianggap sebagai prediktor yang signifikan bagi perilaku online impulsive buying, yang mana hasil ini berbeda dengan penelitian-penelitian terdahulu.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)