Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:51 WIB
Detail
BukuHubungan antara Tingkat Self-Esteem dengan Perilaku Mengonsumsi Alkohol pada Mahasiswa FKIK UAJ Angkatan 2016
Bibliografi
Author: Harjanti, Dyonesia Ary (Advisor); Suryani, Eva (Examiner); Gladiola, Brigitta
Topik: Perilaku; alkohol; self-esteem; mahasiswa
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext: Brigitta Gladiola_RegKTI_2019.pdf (651.37KB; 29 download)
Abstract
Latar Belakang: Perilaku mengonsumsi alkohol yang berlebihan pada perguruan tinggi telah lama menjadi pusat perhatian kesehatan masyarakat. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan merupakan salah satu contoh perilaku adiksi yang sering dijumpai, khususnya pada kaum remaja dan dewasa muda. Berdasarkan literatur, tingkat self-esteem memiliki hubungan yang bermakna dengan perilaku mengonsumsi alkohol.

Tujuan Penelitian: Mendapatkan hubungan antara tingkat self-esteem dengan perilaku mengonsumsi alkohol pada mahasiswa FKIK UAJ angkatan 2016.

Metodologi: Penelitian cross-sectional. Responden merupakan seluruh mahasiswa FKIK UAJ angkatan 2016. Tingkat self-esteem dinilai menggunakan kuesioner Rosenberg Self-esteem Scale, serta perilaku mengonsumsi alkohol dinilai menggunakan kuesioner AUDIT-C.

Hasil: Mahasiswa FKIK UAJ Angkatan 2016 yang merupakan peminum alkohol saat ini sebanyak 81%, yang terdiri dari 54,2% moderate drinker dan 26,8% hazardous drinker, responden yang memiliki self-esteem tinggi sebanyak 72,1% dan self-esteem rendah sebanyak 27,9%. Uji korelasi Spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat self-esteem dengan perilaku mengonsumsi alkohol dengan nilai p= 0,000 dan nilai r= -0,692
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)