Persaingan dalam industri perusahaan International di Indonesia semakin maju dan berkembang. Dalam kondisi seperti ini semua perusahaan dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam membuat terobosan baru yang belum pernah dipikirkan oleh para perusahaan pesaing. Salah satu persaingan yang sedang berkembang saat ini adalah industri otomotif roda dua. Salah satu contoh industri otomotif roda dua yang sedang berkembang adalah perusahaan otomotif Yamaha. Yamaha melakukan strategi pemasarannya menggunakan media iklan yang menggunakan artis asing Valentino Rossi sebagai celebrity endorser-nya untuk mengkomunikasikan produknya dan membentuk brand image kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh artis asing sebagai celebrity endorser terhadap brand image produk otomotif Yamaha. Pada penelitian ini terdapat 4 variabel yang mengukur pengaruh celebrity endorser terhadap pembentukan brand image produk otomotif Yamaha yaitu visibility, credibility, attraction, dan power. Analisis ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 119 remaja yang hanya menggunakan produk otomotif Yamaha di Jakarta. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan uji mean score dan overall mean score, serta metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan SPSS versi 22.0 for windows. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser mempunyai pengaruh terhadap pembentukan brand image produk otomotif Yamaha berdasarkan variabel visibility, credibility, attraction dan power. |