Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:20 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN DI STASIUN GAMBIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY DAN IMPORTANT PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) SERTA USULAN PERBAIKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
Bibliografi
Author:
Sukwadi, Ronald
(Advisor);
Josua, Priskilla Putri
Topik:
Fuzzy
;
Importance Performance Analysis
;
Quality Function Deployment
;
Service Quality.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Tugas Akhir Final Priskilla Putri Josua 2015043129.pdf
(5.14MB;
52 download
)
Abstract
Di zaman yang serba maju ini transportasi merupakan salah satu kebutuhan yang penting dalam kehidupan manusia, terutama untuk berpergian jauh. Salah satu alat transportasi darat untuk berpergian jauh adalah kereta api. Stasiun Gambir merupakan cabang dari PT Kereta Api Indonesia, stasiun ini merupakan stasiun sibuk. Berdasarkan data review mengenai Stasiun Gambir terdapat beberapa keluhan pelanggan terhadap kualitas pelayanan di Stasiun Gambir. Oleh karena itu perlu dilakukan peningkatan kualitas pelayanan yang ada. Analisis kepuasan dilakukan dengan menggunakan metode fuzzy servqual. Metode fuzzy servqual ini digunakan untuk menghilangkan nilai yang tidak pasti dari nilai kuesioner. Selanjutnya digunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk megetahui atribut – atribut yang harus diperbaiki dan ditingkatkan kinerjanya. Dari metode IPA didapatkan 4 atribut pelayanan yang harus diperbaiki dan ditingkatkan kinerjanya yakni kebersihan toilet, informasi yang lengkap dan jelas disampaikan petugas, kesejukan distasiun serta kebersihan area stasiun. Sedangkan metode Quality Function Deployment (QFD) digunakan untuk menentukan upaya perbaikan aribut. Untuk merespon kebutuhan konsumen berdasarkan output dari metode QFD diketahui bahwa upaya yang perlu dilakukan pihak Stasiun Gambir adalah melakukan pemasangan signboard kebersihan, melakukan training petugas dan melakukan penambahan tanaman hijau.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)