GraPARI Telkomsel 24 Jam Gambir merupakan pusat bantuan untuk melayani pengaduan dari pengguna Telkomsel. Sistem penjadwalan yang dimiliki masih dibuat secara manual oleh Supervisor Service Management. Terdiri dari 53 karyawan dan memiliki shift kerja yang bervariasi untuk masing-masing posisi, yakni team leader 4 shift, customer service universal 5 shift, cashier 3 shift, staff organic 3 shift, front office support 3 shift, dan setiap shift memiliki waktu masuk dan pulang kerja yang berbeda. Penjadwalan secara manual membutuhkan waktu yang lama, ketidakteraturan penjadwalan, kebutuhan karyawan seringkali tidak terpenuhi, customer harus menunggu lama untuk dilayani, dan kekurangan karyawan akan mengakibatkan performasi pelayanan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan supervisor dalam membuat penjadwalan, mengoptimalkan penjadwalan karyawan agar sesuai dengan peraturan perusahaan, dan mengupayakan lamanya waktu kerja dan libur yang sama untuk setiap karyawan. Data yang digunakan bersifat uncontrollable data, sehingga akan terjadi banyaknya pelanggaran terhadap kebijakan perusahaan. Pelanggaran inilah yang akan diminimumkan dengan menggunakan metode goal programming dan bantuan software LINGO 11.0 agar mendapatkan solusi yang sesuai dengan kebijakan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjadwalan pemodelan goal programming dan variabel biner untuk kendala 1 sampai 10 terpenuhi 100% sesuai kebijakan perusahaan dibandingkan penjadwalan manual. |