Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:26 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Usulan Pemilihan Supplier dan Alokasi Pemesan Bahan Baku dengan Metode Integrasi Fuzzy AnalyticalHierarchy Process dan Goal Programming (Studi Kasus: CV. Indokarya Makmur Abadi)
Bibliografi
Author:
Sukwadi, Ronald
(Advisor);
Widyawati, Nathasya Cecil
Topik:
Alokasi Pemesanan
;
Fuzzy AHP
;
Goal Programming
;
Pemilihan Supplier
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Tugas Akhir-Nathasya Cecil-2015043176.pdf
(4.57MB;
11 download
)
Abstract
Pemilihan supplier merupakan salah satu kegiatan kritis dalam rangkaian rantai pasok yang turut berperan dalam menentukan keberhasilan perusahaan. Hal tersebut juga menjadi sangat penting terutama bila supplier tersebut akan digunakan dalam jangka panjang sebagai supplier utama. Dalam melakukan proses produksi, CV. Indokarya Makmur Abadi memperoleh bahan baku cat bubuk dari perusahaan lain sebagai supplier. Namun hingga saat ini perusahaan belum memiliki metode khusus yang digunakan dalam memilih supplier dan menentukan alokasi pemesanan cat bubuk. Hal tersebut membuat pihak perusahaan kesulitan dalam menentukan prioritas supplier yang memiliki kinerja terbaik dalam memenuhi pemesanan produk yang dibutuhkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka pada penelitian ini akan mencoba mengimplementasikan pendekatan Fuzzy AHP dengan goal programming. Fuzzy AHP digunakan untuk memilih supplier berdasarkan kriteria yang dikehendaki oleh perusahaan dan mengintegrasikan hasil dari fuzzy AHP berupa bobot supplier dengan Goal Programming untuk mengalokasikan pemesanan bahan baku sebagai keputusan akhir pemilihan supplier yang mempertimbangkan faktor-faktor secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model alokasi pemesanan bahan baku usulan memberikan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan alokasi pemesanan aktual karena dapat menghemat total biaya pembelian hingga 0,7% dan terjadi peningkatan value sebesar 11%. Dalam jangka waktu satu bulan perusahaan dapat melakukan pemesanan bahan baku dari PT. Oxyplast Indonesia dengan kuantitas sebesar 295 kg dan PT. AkzoNobel sebesar 205 kg.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)