Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:48 WIB
Detail
ArtikelPenggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran Geometri Bangun Datar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SD Strada St. Ignatius Jakarta Utara  
Oleh: Wulandari, Arydyan
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi: Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 9 no. 1 (May 2011), page 14-30.
Topik: Alat Peraga; Bangun Datar; Hasil Belajar
Fulltext: 14-30 Arydyan Wulandari - Bernard.pdf (12.97MB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: PP51.4
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: J77
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran geometri bangun datar agar dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas II di SD Strada St. Ignatius Jakarta Utara. Subyek penelitian adalah guru sebagai peneliti dibantu observer dan 42 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus (4x pertemuan). Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Berdasarkan analisis dan deskripsi data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (a) Pembelajaran siklus I mengidentifikasi bangun datar dengan cara menentukan rangkaian bangun datar, membuat bangun datar menggunakan potongan kertas origami dan rata-rata hasil belajar yang semula 71,26 meningkat menjadi 83,09; (b) Pembelajaran siklus II menekankan pada pembelajaran sisi dan titik sudut, kemudian siswa diminta membuat bangun datar menggunakan papan berpaku dalam kelompok, sehingga dengan menggunakan alat peraga dapat menumbuhkan minat belajar siswa, meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar, mengembangkan interaksi siswa satu dengan siswa yang lain, siswa menemukan konsep materi yang konkret. Kesimpulan bahwa pembelajaran akan lebih efektif jika dibantu dengan alat peraga, sehingga membuat siswa menjadi lebih tenang, tertarik dalam proses pembelajaran matematika. Oleh karena itu, diharapkan guru mampu menggunakan alat peraga yang konkret untuk memperjelas materi matematika yang abstrak.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)