Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:55 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penggunaan Peta Pikiran untuk Memahami Keterkaitan Kompentensi Dasar Pada Kurikulum SD
Oleh:
Kurnia, Ingridwati
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi:
Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 9 no. 1 (May 2011)
,
page 1-13.
Topik:
Peta Pikiran
;
Kompetensi Dasar
;
Kurikulum SD
Fulltext:
1-13 Ingridwati Kurnia - Bernard.pdf
(10.86MB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
PP51.4
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Perpustakaan PKPM
Nomor Panggil:
J77
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penggunaan peta pikiran merupakan suatu teknik alternatif untuk mengorganisasi materi dalam bentuk peta (gambar) secara holistik, interelasi, dan komprehensif dengan menggunakan kata-kata, warna, garis dan gambar. Pada penelitian tindakan kelas ini digunakan untuk memahami keterkaitan kompetensi dasar mata pelajaran pada kurikulum SD yang sangat banyak sehingga dapat dipelajari dengan cepat, mudah, menyenangkan, serta dipahami dengan lebih bermakna. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada mata kulai KSD 148 Kurikulum SD (2 sks) yang terdiri dari tiga siklus. Hasil belajar mahasiswa dalam bentuk penguasaan pemahaman kompetensi dasar, kerjasama dalam membuat peta pikiran, presentasi, dan hasil karya peta pikiran, termasuk pula penilaian dan umpan balik perkuliahan secara keseluruhan mencapai rerata nilai baik (antara 70-78). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan sementara ini bahwa penggunaan peta pikiran dalam memahami keterkaitan kompetensi dasar pada kurikulum SD merupakan teknik pembelajaran yang cukup tepat, sehingga dapat digunakan dan perlu dikembangkan oleh mahasiswa maupun dosen dalam mempelajari kompetensi dasar pada kurikulum SD.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)