Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:05 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Antara Harga Diri, Efikasi Diri Akademik, dan Penyesuaian Diri Terhadap Lingkungan Sekolah Para Siswa Kelas VII di SMP St. Kristoforus 1
Bibliografi
Author:
Wati, Caroline Lisa Setia
;
Marpaung, Irma Marlina Novita
Topik:
Harga Diri
;
Efikasi Diri Akademik
;
Penyesuaian Diri Terhadap Lingkungan Sekolah
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Irma Marlina Novita Marpaung_Undergraduated Theses_2019.pdf
(2.91MB;
36 download
)
Abstract
Penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah adalah usaha individu dalam menghadapi perubahan yang terjadi untuk mencapai keselarasan dan keharmonisan antara tuntutan dalam diri dan lingkungan. Penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah dapat diukur berdasarkan karakteristik persepsi terhadap realitas, gambar diri, kemampuan mengekspresikan emosi, kecemasan dan stres, dan hubungan interpersonal. Harga diri adalah penilaian atau evaluasi secara positif atau negatif terhadap dirinya. Harga diri dapat diukur berdasarkan karakteristik rasa keunikan, rasa mampu, rasa pertalian, dan rasa keteladanan. Efikasi diri akademik adalah keyakinan individu akan kemampuan dirinya dalam menyelesaikan tuntutan atau tugas untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Efikasi diri akademik dapat diukur berdasarkan dimensi tingkat kesulitan, generalitas, dan kekuatan keyakinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara harga diri, efikasi diri akademik, dan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah pada siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Jumlah subyek penelitian sebanyak 58 siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala penilaian untuk mengukur harga diri, efikasi diri akademik, dan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah. Instrumen harga diri sebelum ujicoba sebanyak 60 dan diperoleh sebanyak 37 pernyataan yang valid dengan reliabilitas sebesar 0,939. Instrumen efikasi diri akademik sebelum ujicoba sebanyak 63 dan diperoleh sebanyak 51 pernyataan yang valid dengan reliabilitas sebesar 0,964. Instrumen penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah sebelum ujicoba sebanyak 60 dan diperoleh sebanyak 36 pernyataan yang valid dengan reliabilitas sebesar 0,954. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara harga diri, efikasi diri akademik, dan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah. Sumbangan yang diberikan harga diri dan efikasi diri akademik sebesar 76% kepada penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah. Artinya semakin tinggi harga diri dan efikasi diri akademik siswa maka semakin tinggi penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah. Sebaliknya, semakin rendah harga diri dan efikasi diri akademik siswa maka semakin rendah penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada Kepala Sekolah dan seluruh dewan guru di SMP St. Kristoforus 1 agar dapat bekerjasama dengan guru BK untuk membantu siswa yang mengalami hambatan atau masalah khususnya pada siswa yang memiliki tingkat harga diri, efikasi diri akademik, dan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah yang rendah. Kepada guru BK agar dapat membuat program layanan bimbingan dan konseling baik individual maupun kelompok secara efektif dan efisien untuk mengoptimalkan dan membantu siswa. Upaya untuk membangun rasa keunikan pada diri siswa dapat dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan tema “This is me”. Upaya untuk membantu siswa yang memiliki efikasi diri akademik rendah dapat dilakukan melalui konseling kelompok dengan tema “Kamu mampu, aku pun juga mampu”. Upaya untuk membantu siswa yang mengalami hambatan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah dapat dilakukan melalui kegiatan konseling kelompok dengan tema “I’m okay or I’m not okay”. Kepada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta agar dapat mengembangkan penelitian selanjutnya terkait harga diri, efikasi diri akademik, dan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.125 second(s)