Produk/Bisnis: SiLapis adalah usaha yang bergerak di bidang industri kreatif kuliner, khususnya kue tradisional. SiLapis menawarkan produk kue Lapis beras dan kue lapis sagu(pepe) dengan bahan baku alami dan tidak menggunakan pengawet. Visi: Menjadikan SiLapis menjadi brand kue lapis yang bertumbuh dan berkembang sebagai industri kue lapis dan kue pepe yang digemari oleh konsumen karena kualitas dan cita rasanya serta melakukan inovasi produk dengan tetap memperhitungkan keuntungan jangka panjang yang terus meningkat. Misi: 1. Menjadi produsen kue lapis yang menyediakan kue lapis tadisional yang berkualitas dan bercita rasa tinggi dan sehat di konsumsi. 2. Melakukan inovasi-inovasi produk dan layanan demi mempertahankan kesetiaan pelanggan. Peluang: Penjualan produk SiLapis di tahun pertama diperkirakan Rp415.600.000,00 dan akan meningkat menjadi Rp861.788.160,00 di tahun 2023, dengan tingkat pertumbuhan penjualan 20% per tahun. Strategi Pasar: 1. Target pasar utama: masyarakat Bekasi dan Jakarta yang membutuhkan kue dalam berbagai acara maupun keseharian. 2. Strategi produk: memproduksi kue lapis tanpa bahan pengawet, menawaran varian rasa baru sesuai selera konsumen, dan kemasan yang menarik. 3. Strategi promosi: periklanan, brosur, pemasaran media sosial, dan promosi penjualan. 4. Saluran distribusi: toko kue yang sudah berkerjasama dengan SiLapis, pasar tradisional, dan aplikasi ojek online seperti Gojek dan Grab Target Keuangan: Kebutuhan dana investasi dan modal kerja sebesar Rp 36.175.000,00. Dengan tingkat keuntungan Rp. 43.840.297 pada tahun 2019 dan meningkat menjadi Rp. 156.702.468 pada tahun 2023 dengan tingkat pertumbuhan 20% per tahun. |