Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:50 WIB
Detail
BukuPenyesuaian Sosial Terhadap Lingkungan Akademik Siswa SMA Stella Maris BSD
Bibliografi
Author: Trihastuti, Maria Claudia Wahyu (Advisor); Rusdianeri, Theresia Riri
Topik: Penyesuaian Sosial; Lingkungan Akademik; Penyesuaian Akademik
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext: Theresia Riri Rusdianeri_Undergraduated Theses_2019.pdf (2.31MB; 23 download)
Abstract
Penyesuaian sosial diartikan sebagai keberhasilan seseorang untuk menyesuaikan diri terhadap orang lain pada umumnya dan terhadap kelompoknya pada khususnya. Orang yang dapat menyesuaikan diri dengan baik mempelajari berbagai keterampilan sosial seperti kemampuan untuk menjalin hubungan secara diplomatis dengan orang lain-baik teman maupun orang yang tidak dikenal-sehingga sikap orang lain terhadap mereka menyenangkan. Biasanya orang yang berhasil melakukan penyesuaian sosial dengan baik dengan mengembangkan sikap sosial yang menyenangkan, seperti kesediaan untuk membantu orang lain, meskipun mereka sendiri mengalami kesulitan. Mereka tidak terikat pada diri sendiri. Kriteria dalam penyesuaian sosial yaitu penampilan nyata, peneysuaian diri terhadap berbagai kelompok, sikap sosial dan kepuasaan diri. Penelitian ini berpusat pada penyesuaian sosial terhadap lingkungan akademik siswa SMA Stella Maris. Fokusnya pada kelas X dan XI. Peneliti ingin melihat secara keseluruhan bagaimana penyesuaian sosial siswa terhadap lingkungan akademik di sekolahnya. Tujuan penelitian yang dilakukan pada siswa kelas X dan XI SMA Stella Maris yang bekisar usia 15-17 tahun (usia remaja) adalah untuk melihat penyesuaian sosial terhadap lingkungan akademik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan skala penilaian yang digunakan untuk mengukur harga diri dan penyesuaian sosial yang dimiliki siswa SMA Stella Maris. Instrumen penyesuaian sosial terdiri dari 48 pernyataan, dimana 44 pernyataan dinyatakan valid dan realibilitas instrumen sebesar 0,949. Hasil dari penelitian terlihat bahwa skor tertinggi yang didapat adalah penampilan nyata dalam indikator mampu memenuhi standar/harapan dalam kelompok dengan total skor sebanyak 352. Sedangkan skor terendah dalam komponen kepuasaan diri dalam indikator kepuasaan terhadap peran dan tanggung jawab yang dijalankan dalam kelompok dengan total skor 264. Saran peneliti untuk guru Bimbingan dan Konseling adalah guru BK dapa membuat seminar dalam meningkatkan kepuasaan diri terhadap peran dan tanggung jawab yang dimilikinya. Serta dapat menyalurkan bakat dan prestasi yang dimilikinya agar siswa dapat merasa puas terhadap peran yang dimilikinya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)