Perkembangan revolusi industri keempat telah membawa perubahan dalam bidang keuangan berbasis teknologi atau financial technology (fintech), salah satunya di sektor pembayaran. Industri electronic money (e-money) merupakan salah satu sektor dari fintech yang mengalami pertumbuhan cukup pesat dan ketat persaingannya. Perusahaan ABC merupakan salah satu perusahaan fintech yang telah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia sebagai penerbit dan penyelenggara e-money. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi industri e-money, strategi bersaing dan analisis strategi bersaing yang digunakan sudah tepat atau tidak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Sumber data diperoleh dari sumber data primer melalui wawancara dan sumber data sekunder melalui studi pustaka. Penelitian ini menggambarkan kondisi industri e-money di Indonesia, di mana Perusahaan ABC adalah salah satu pemainnya. Strategi bersaing Perusahaan ABC adalah diferensiasi, yaitu melalui vending machine yang dimiliki serta terintegrasi dengan aplikasi di smartphone. Strategi bersaing yang diterapkan Perusahaan ABC dinilai tepat terhadap kondisi industri e-money di Indonesia. |