Anda belum login :: 27 Nov 2024 00:06 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Implementasi Metode QSPM Dalam Penentuan Strategi Perusahaan Berdasarkan Matriks IFE dan Matriks EFE (Studi Kasus: PT. Arava Manufacturing)
Bibliografi
Author:
Sukwadi, Ronald
(Advisor);
Novitasari, Arinta
Topik:
EFE
;
IFE
;
IE
;
SWOT
;
QSPM
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
TUGAS AKHIR - ARINTA NOVITASARI (2014-043-161).pdf
(4.97MB;
23 download
)
Abstract
Perkembangan merek sepeda anak saat ini membuat persaingan industri sepeda semakin sengit. PT. Arava Manufacturing merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi sepeda Alfrex Tricycle. Sepeda Alfrex Tricycle merupakan sepeda beroda tiga untuk anak-anak usia 2 hingga 5 tahun. Dalam 3 tahun terakhir ini, PT. Arava Manufacturing mengalami penurunan penjualan dan tidak tercapainya target penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan usulan strategi-strategi perusahaan yang telah diformulasikan untuk PT. Arava Manufacturing dengan melakukan analisis kesadaran merek, persepsi kualitas, lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan yang dapat menjadi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang dimiliki PT. Arava Manufacturing saat ini. Dengan adanya usulan strategi yang tepat sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan, maka diharapkan PT. Arava Manufacturing dapat bertahan dan bersaing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari matriks EFE, matriks IFE, matriks IE, matriks SWOT, dan QSPM. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, serta kuesioner. Analisis lingkungan yang telah diolah dengan matriks EFE dan IFE menunjukkan bawa PT. Arava Manufacturing terletak pada kuadran ke-V dalam matriks IE dimana strategi yang cocok untuk dilakukan merupakan strategi hold and maintain yang terdiri dari strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan produk. Terdapat 7 strategi usulan yang dibentuk melalui matriks SWOT dan penentuan strategi prioritas dilakukan menggunakan metode QSPM. Strategi yang diprioritaskan adalah strategi memanfaatkan media online untuk meningkatkan pemasaran dan kesadaran masyarakat terhadap merek produk. Strategi ini dipilih sebagai strategi prioritas karena memiliki nilai tertinggi yaitu sebesar 5,936.
Related courses
FTI 500 - TUGAS AKHIR (Bacaan Anjuran)
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)