Anda belum login :: 22 Nov 2024 22:57 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Pengambilan Keputusan Orang Tua Etnis Non Tionghoa dan Non Buddha dalam memilih Sekolah Dasar untuk Anak di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Jakarta
Bibliografi
Author:
Pristinella, Debri
(Advisor);
Guijaya, Veronika
Topik:
pengambilan keputusan
;
pemilihan Sekolah Dasar
;
orang tua etnis non Tionghoa dan non Buddha
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Veronika Guijaya_Undergraduate Theses_2019.pdf
(537.16KB;
20 download
)
Abstract
Pendidikan Sekolah Dasar merupakan langkah awal bagi anak untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Anak dalam tahapan usia Sekolah Dasar sudah belajar untuk melakukan interaksi yang lebih luas serta mengenal norma-norma sosial yang ada di masyarakat. Meskipun begitu, mereka masih membutuhkan bantuan dari orang tua untuk menentukan pilihan-pilihan, salah satunya adalah pemilihan Sekolah Dasar. Banyaknya kriteria yang menjadi pertimbangan orang tua dalam memilih sekolah terlebih pada etnis, agama dan pandangan nilai budaya menjadi hal yang cukup diperhatikan. Pada penelitian ini betujuan untuk melihat proses pengambilan keputusan orang tua etnis non Tionghoa dan non Buddha dalam memilih Sekolah Dasar di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi. Selain itu, penelitian ini juga menggali faktor- faktor yang terlibat dan mempengaruhi orang tua dalam mengambil keputusan tersebut. Penelitian ini menggunakan teori proses pengambilan keputusan konsumen dari Kotler & Armstrong yang menyebutkan adanya 5 tahapan pada sebuah proses pengambilan keputusan yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Faktor internal ini mengacu pada teori Kotler & Keller dengan memfokuskan pada faktor pribadi (personal factor) saja. Sedangkan pada faktor eskternal, peneliti mengadaptasi dari jurnal penelitian Nurul Khasanah yang membahas faktor eksternal pengambilan keputusan memilih sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Partisipan berjumlah tiga orang dengan usia antara 30-40 tahun. Memiliki anak usia Sekolah Dasar (6-12 tahun), bersekolah di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi, dan tinggal di dalam atau di luar Rusun Cinta Kasih Tzu Chi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap partsipan melewati semua tahapan dalam proses pengambilan keputusan sesuai urutannya masing-masing. Ulasan yang sering muncul dari partisipan adalah kedisiplinan sekolah yang menjadi pertimbangan penting bagi partisipan dalam memilih Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi. Selain itu, faktor internal yang membahas pribadi partisipan cukup mempengaruhi partisipan dalam mengambil keputusan terutama dalam melihat keberagaman etnis dan budaya yang berbeda dengan kepribadian mereka. Faktor eksternal dalam pemilihan sekolah pada penelitian ini kurang menjadi pertimbangan partisipan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.203125 second(s)