Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:21 WIB
Detail
BukuHubungan Cara Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Strada Nawar, Bekasi
Bibliografi
Author: Niken, Catharina ; Simanullang, Bitman (Advisor)
Topik: Cara Belajar; Siswa SD Kelas V; Hasil Belajar
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Catharina Niken’s Undergraduate Theses_2018.pdf (2.46MB; 48 download)
Abstract
Cara belajar adalah kebiasaan seseorang dalam memahami suatu pembelajaran yang sedang dipelajarinya. Cara belajar setiap siswa berbedabeda disesuaikan dengan kemampuan berpikir setiap siswa. Cara belajar yang baik adalah cara belajar yang teratur, cara belajar yang dipergunakan turut menentukan hasil belajar yang diharapkan. Hasil belajar didapat dari pengukuran terhadap peserta didik yang meliputi faktor kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil belajar yang diharapkan yaitu peserta didik mencapai nilai KKM yang sudah ditentukan disetiap mata pelajaran dan tujuan pembelajaran dari materi tersebut tercapai. Penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara cara belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Strada Nawar, Bekasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 70 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes matematika materi bangun datar. Dari hasil perhitungan analisis korelasi sederhana (r) didapat korelasi antara cara belajar dengan hasil belajar adalah 0,688. Harga rtabel = 0,235 dengan taraf signifikan 5%, jadi harga ??h?????????? > ???????????? , maka Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat anatara cara belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi bangun datar siswa kelas V SD Strada Nawar, Bekasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian: 1. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan hubungan cara belajar terhadap hasil belajar. 2. Peranan variabel cara belajar dalam menentukan keberhasilan belajar yaitu sebesar 67%, sedangkan sisanya berasal dari faktor lain yang
menghambat proses belajar anak. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan yaitu terdapat
hubungan yang signifikan antara cara belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SD Strada Nawar, Bekasi. Semua pihak baik guru maupun orang tua hendaknya memperhatikan secara berkala agar dapat mengenal kebiasaan belajar yang dilakukan anak sehingga diharapkan siswa akan mencapai hasil belajar yang baik dan optimal.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)